Kamis, 04 November 2010

JANGAN SIA-SIAKAN WAKTU MU......

"waktu ibarat pedang" pepatah yang sudah tidak asing lagi terdengar  oleh kita.  coba kita perhatikan  apa sih maksud dari pepatah tersebut .....,,???, jika kita perhatikan,,,, bahwa waktu itu ibarat pedang yang akan siap menebas siapa saja yang  tidak dapat memamfaatkannya dalam kebaikan dan kemulian.
              Allah SWT berfirman dalam surat al-'Ashr ayat 1-2, yang artinya " Sesungguhnya manusia itu benar benar merugi ; kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih serta saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran."
Menurut ar-Razi, ketika rugi dipahami sebagai hilangnya modal, sementara modal manusia adalah waktu (umurnya) maka setiap manusia tanpa kecuali memang akan selau merugi.Bagaiman tidak,,,setiap tahun,setiap bulan,setiap minggu,,setiap hari,setiap jam, setiap menit,bahkan setiap detik waktu (umur) yang menjadi modal manusia terus berkurang.  
 Ibnul Qoyyim rahimahullah mengatakan, "Waktu manusia adalah umurnya yang sebenarnya. Waktu tersebut adalah waktu yang dimanfaatkan untuk mendapatkan kehidupan yang abadi, penuh kenikmatan dan terbebas dari kesempitan dan adzab yang pedih. Ketahuilah bahwa berlalunya waktu lebih cepat dari berjalannya awan (mendung).
Barangsiapa yang waktunya hanya untuk ketaatan dan beribadah pada Allah, maka itulah waktu dan umurnya yang sebenarnya. Selain itu tidak dinilai sebagai kehidupannya, namun hanya teranggap seperti kehidupan binatang ternak."
Para ulama dulu benar benar menyadari kerugian akibat menyia-nyiakan waktu itu. karena itu mereka tidak pernah melewatkan sedikitpun waktu kecuali dengan beramal shalih. Misalnya saja Muhammad bin salam.guru Imam al-Bukhari, suatu ketika beliau asyik menulis pelajaran dari gurunya.tiba tiba pensilnya patah.kontan ia langsung berteriak pada yang lain."Siapa yang mau menjual pensil nya.Saya akan bayar dengan satu dinar (koin emas seberat 4,25 gram).Hal itu ia lakukan karena ia tidak ingin kehilangan waktu dan ketinggalan pelajaran hanya gara gara sebuah pensil.
Contoh lain, Syaikh Ibnu Taimiyah.Saat beliau sedang muthala'ah, tiba tiba beliau ada hajat ke kamar mandi.segera saja beliau meminta kepada  seseorang untuk membacakan kitab dengan suara keras.Hal itu beliau lakukan agar beliau bisa menghabiskan waktunya sambil tetap mendengarkan pelajaran meski beliau sedang dikamar mandi.
coba kita renungkan sejenak.... sudah berapa banyak waktu yang kita sia sia kan...??sudah berapa banyak waktu yang kita gunakan untuk hal-hal yang tidak bermamfaat,, , sadarkah kita bahwa kehidupan di dunia ini adalah kehidupan yang sangat singkat, tetapi kebanyakan kita lalai memanfaatkan waktu yang telah Allah berikan.  Kebanyakan kita saat ini hanya mengisi waktu dengan maksiat, lalai dari ketaatan dan ibadah, dan gemar melakukan hal yang sia-sia yang membuat lalai dari mengingat Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar